Friday 28 November 2014

Mari Belajar Menulis Gratis #4 : Tips Menulis cerpen

Assalamualaikuum, sudah berapa lembar siang ini?

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai cerpen dari workshop yang pernah saya ikuti di salah satu forum kepenulisan (FLP). Pembicara/narasumber saat itu adalah Teh Eno (Teera/ Triani Retno : seorang penulis dan editor).

Tips Menulis cerpen :
 

1. Sebelum mengirimkan sebuah cerpen, belilah majalah yang akan menjadi target kita. Baca dan pelajari cerpen yang dimuat di sana. Dari situ akan terlihat cerpen jenis apa yang disukai.
2. Perhatikan persyaratan yang tercantum di halaman awal majalah.
3. Lebih baik mengirim naskah via email. lebh hemat bagi penulis, dan lebih mudah edit bagi editor.
4. Di halaman akhir cerpen cantumkan biodata termasuk di dalamnya nomor ponsel, email, dan jangan lupa nomor rekening *rekening bank yaa.. bukan rekening listrik. xixixix
5. Setelah kirim via email, jangan lupa untuk cek ulang. Karena dikhawatirkan naskahnya ternyata gagal terkirim karena inbox majalahnya penuh jadi failure terus atau filenya malah kena virus. *saya sering mengalami ini ketika harus online via warnet.
6. Jika masih gagal, boleh telepon ke redaksi yang bersangkutan. Barangkali emailnya sudah ganti.
7. Menunggu kabar dari redaksi memang cukup lama, kadang memakan waktu sampai satu tahun. Makanya setelah kirim lebih baik lupakan. Tahu-tahu sudah terbit saja dan ada kabar. Selama masa menunggu itu efektifkan waktu dengan terus menulis.


Semoga tips kali ini bermanfaat. sekian artikel "Belajar Menulis Gratis" kali ini. jika tean-teman membutuhkan alamt-alamat redaksi penerbit, silahkan klik di sini

No comments:

Post a Comment