Wednesday 17 July 2013

Berbagai Jenis Genre Novel


Berbagai jenis genre novel yang bisa Anda temukan sebenarnya secara garis besar terbagi menjadi dua. Yaitu fiksi dan non fiksi. Pada umumnya pengertian novel adalah sebuah gambaran cerita suatu kejadian yang imajinatif (fiksi) atau realita (non fiksi) yang dialami si tokoh utama dalam cerita tersebut. Nah, jadi, jika Anda membuat suatu karya berjenis novel yang imajinatif maka itu disebut fisi. Namun jika kisah yang ditulis merupakan kisah nyata maka disebut non fiksi.
Genre pada novel dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan isi cerita dan sasaran pembaca. Berdasarkan sasaran pembaca, novel dibagi menjadi tiga yaitu :
1.       Dewasa. Ada jenisnya yang disebut metropop.
2.       teen atau remaja. Biasanya ada jenis ini yang disebut teenlit. Ada juga chicklit. Tapi chicklit lebih dewasa dibanding teen. Dia posisinya kayaknya in the middle deh. Soalnya topik pembahasan atau isi masalah dalam cerita juga sedikit lebih rumit.
3.       anak-anak. Kalau anak-anak biasanya serinya kids. Biasanya berupa petualangan.
Sedangkan berdasarkan isinya, novel dimasukkan pada kategori sebagai berikut :
1.       Horor. Engga perlu dijelasin lagi kali ya? biasanya isi ceritanya misteri, hantu, monster, atau papaun itu yang isi ceritanya bikin bulu kuduk merinding.
2.       Komedi. Isinya selalu bikin ngakak. Kata-kata yang digunakan biasanya kocak, dan santai.
3.       Petualangan. Biasanya isinya berupa teka-teki. Engga hanya untuk anak, seri petualangan juga banyak di novel dewasa dan umum.
4.       Imajinasi. Ini isinya mengenai tokoh imajinatif dan tempat yang imajinatif juga. Misalnya seperti Harry Potter.
5.       Kisah Nyata. Ini termasuk non fiksi. Biasanya isinya diambil dari kisah-kisah nyata yang ada di sekitar, dialami sendiri, atau juga berdasarkan cerita orang.
6.       Spirit. Cerita yang ada pada jenis ini sangat memotivasi. Cocok untuk orang yang kekurangan semangat biar tambah semangat.

mau buku murah harga mulai dari Rp 10.000 plus gratis pembungkus plastik untuk buku panjang 2,5 M klik di sini

No comments:

Post a Comment