Wednesday 17 July 2013

Penerbit yang Bisa Menerima Naskah Via Email


mau buku murah harga mulai dari Rp 10.000 plus gratis pembungkus plastik untuk buku panjang 2,5 M klik di sini


Banyak sekali penulis yang mencari penerbit yang bisa menerima naskah via email. Selain agar lebih simple, ringkes, dan cepat sampai hari itu juga, penulis juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk biaya pengiriman via pos dan biaya print naskah yang kadang memberatkan dompet penulis. Apalagi penulis pemula.
Dulu, saya juga sering merasa keberatan mengirim naskah via pos. Selain karena keberatan masalah biaya pos, saya juga belum memiliki printer sehingga saya harus merogoh kocek hanya untuk mengirim satu naskah saja.
Tapi, bukan tanpa alasan penerbit meminta hard copy naskah dari penulis. Itu supaya ada bukti fisik bahwa naskah itu asli buatan sendiri, sudah rampung, dan siap baca. Walau pun memang pada akhirnya penerbit juga meminta softcopynya setelah mereka bersedia menerbitkan naskah kita. Itu karena mereka memerlukan data soft copy untuk pengeditan ulang. Engga mungkin kan, mereka nulis ulang naskah kita? *Nulis sambil ngedit? Olala, itu melelahkan guys*
Mereka juga harus mengecek EYD naskah kita supaya lebih ciamik. Mungkin bahkan ada juga beberapa bagian *bahkan judul* yang direvisi. Tapi tidak akan merubah isi naskah, hanya beberapa yang menurut mereka kurang sesuai saja. engga apa-apa, kan? Kalo bagi saya sih, no problemo. Asalkan tidak mengubah isi cerita.
Jadi, intinya  jangan anggap enteng permintaan penerbit jika mereka meminta naskah hard copy, itu bukan karena tanpa alasan, tapi karena kebutuhan.
Tapi, ada juga kok beberapa penerbit yang bisa menerima naskah via email. Berikut beberapa penerbit yang bisa menerima naskah via email :
1.       Penerbit Stiletto book
Ketentuan : TNR 12, spasi 1,5, panjang naskah 100-200 halaman, kirim ke stilettobook@gmail.com konfirmasi penerimaan atau penolakan naskah sekitar minimal 1 bulan setelah naskah dikirim.

2.       Penerbit Diva Press
Ketentuan : TNR 12, A4, 2 spasi, margin 4-3-4-3. Panjang naskah biasanya 150 halaman. Lalu kirim ke  : redaksi_divapress@yahoo.com
Konfirmasi penerimaan naskah minimal 1 bulan.

3.       Penerbit Haru
Ketentuan : A4, margin standar, calibri 11, spasi 1,5. Panjang naskah 100-150 halaman.
Konfirmasi penerimaan naskah antara 3 sampai 4 bulan.

4.       Penerbit Noura
Ketentuan : TNR 12,  spasi 2, fiksi remaja dan non fiksi 150 halaman, fiksi dewasa 200 halaman.
Kirim ke email : redaksi@noura.mizan.com

5.       Penerbit Galang Press
Ketentuan : spasi 1,5,  TNR 12, panjang naskah 50-150, A4.
Konfirmasi penerimaan atau penolakan  3 minggu setelah naskah dikirim.

6.       Penerbit Agromedia Pustaka
Ketentuan : TNR 12, spasi 1, A4, 50-100 halaman, menyertakan isian formulir yang bisa di download website agromedia pustaka
Kirim via email ke : redaksi@agromedia.net
Konfirmasi mengenai diterima atau ditolak sekitar 3-4 bulan setelah naskah dikirim.

7.       Transmedia pustaka
Ketentuan :  TNR 12, spasi 1. Kirim ke redaksi@transmediapustaka.com

8.       Penerbit Eidelweis
Ketentuan : A4, TNR 12, spasi 1,5, minimal 75 halaman (boleh karya bersama)
Kirim ke : edelweiss.publisher@gmail.com  dan cc: naskah.edelweiss@gmail.com tulis di subjek naskah novel_judul_genre_nama penulis

O iya, jangan lupa sertakan biodata diri dan sinopsis ketika mengirim naskah. Sematkan juga kelebihan naskah jika perlu. Jika naskahmu diterima atau ditolak, maka akan ada pemberitahuan selanjutnya. Biasanya melalui email juga. Dan jika memang diperlukan, penerbit akan menghubungimu via telepon jika diterima, untuk membicarakan proses selanjutnya mengenai naskahmu. Sekian info mengenai penerbit yang menerima naskah via email. Semoga bermanfaat.


 mau buku murah harga mulai dari Rp 10.000 plus gratis pembungkus plastik untuk buku panjang 2,5 M klik di sini

2 comments: