Saturday 12 January 2019

Review Drama Korea My ID is Gangnam Beauty

Drama ini berkisah tentang seorang wanita usia 20 tahun yang kuliah di Universitas Hankook bernama Kang Mirae.

Perempuan ini memiliki paras yang cantik dan badan yang bagus. Namun ternyata paras cantiknya tersebut merupakan hasil operasi plastik. Wajahnya yang dulu begitu jelek sehingga ia merasa tidak percaya diri dan melakukan operasi agar tidak terus-terusan dibully oleh teman-temannya. Ia begitu minder dengan wajah lamanya dan berniat melalui hidup baru dengan wajah barunya.

Namun sayangnya, salah satu teman ketika SMP nya bernama Do Kyung Seok satu jurusan dengannya -jurusan Kimia- dan ia berharap Do Kyung Seok lupa akan dirinya agar dia tidak lagi harus merasakan penderitaan yang sama ketika masa sekolahnya dulu.

Sayangnya, setelah melakukan tarian di ospek jurusan, Do Kyung Seok mengenalinya karena gerakan kaki yang dilakukannya sama seperti ketika mereka bertemu di halte bus saat SMP.

Do Kyung Seok adalah lelaki paling tampan di universitas tersebut juga sekaligus alumni tertampan di SMP nya. Sehingga sejak awal Mirae sudah mengenali kyung Seok namun berpura-pura tidak kenal karena khawatir Kyung Seok akan membeberkan kenyataan wajah buruk rupanya dulu sebelum operasi.

Di jurusan kimia tersebut ternyata bukan hanya Mirae yang berparas cantik, namun ada lagi perempuan lain yang memiliki paras cantik natural tanpa operasi bernama Hyun Soo Ah. Dia, memiliki kepribadian aneh di mana selalu ingin menjadi pusat perhatian dan dicintai semua orang sehingga dia tidak merasa sendirian. Karena masa lalunya, ia takut ditinggalkan oleh orang-orang. Sehingga ia bersikap sangat egois, berpura-pura baik, dan selalu menyingkirkan perempuan yang dianggap saingannya dalam mendapatkan perhatian semua orang, termasuk Mirae.

Hyun Soo Ah selalu berusaha untuk membuat Mirae terlihat buruk oleh orang lain dan membuat Mirae minder dengan keadaan dan kenyataan.

Soo Ah juga berusaha mendekati semua laki-laki yang dia kenal dan menjadikan mereka bertekuk lutut, termasuk Do Kyung seok.

Namun sayangnya, Kyung Seok sangat peka dan menyadari bahwa Soo Ah memiliki karakter yang tidak baik sehingga ia sangat membenci Soo Ah dan tidak pernah terpedaya dengan kepura-puraan Soo Ah.

Kyung Seok justru menyukai Mirae sejak awal dan selalu melindungi mirae dari Bullying. Bahkan senior jurusan kimia Chan Woo pun dihajarnya di kamar mandi, alumni SMP Jaeryong yang datang ke festival pun di hinanya demi membalas kesal mirae, dan bahkan menghajar salah satu pekerja magang karena menghina bentuk fisik Mirae.

Kyung Seok selalu menunjukkan rasa sukanya pada mirae dengan cara terus berada di dekatnya tanpa Mirae sadari dan melindunginya. Sayangnya, mirae tidak memiliki cukup rasa percaya diri untuk meyakini bahwa Kyung Seok menyukainya dengan tulus.

Sampai suatu hari Kyung Seok menyatakan perasaannya dan Mirae menolaknya karena dia takut omongan orang terhadap paras mereka yang aslinya begitu jungkir balik. Mirae yang aslinya buruk rupa dan Kyung Seok yang tampan dan keren.

Kyung Seok frustasi karena melihat Mirae bersama Woo Yeong, senior sekaligus asisten dosen yang begitu baik dan mencintai Mirae dengan tulus. -Woo yeong juga menolong Kyung seok yang kabur dari rumahnya sehingga mereka berdua tinggal seunit di rumah Woo Yeong dengan membayar biaya sewa yang hanya sedikit saja-

Kyung Seok salah paham dengan apa yang dilihatnya. Padahal Mirae sedang menolak Woo Yeong karena memang mengakui sebenarnya menyukai Kyung Seok.

Namun akhirnya Mirae mengatakan perasaan yang sebenarnya kepada kyung Seok sehingga mereka pacaran.

Sedangkan Soo Ah yang berniat memisahkan Kyung Seok dan Mirae akhirnya mendapat masalah besar yang merugikan dirinya dan reputasinya. Orang yang menolongnya hanyalah Eun Yoo, Kyung Seok, dan Mirae sehingga Soo A sadar bahwa apa yang dilakukannya dan caranya menjalani hidup selama ini salah.

------------

Drama ini salah satu drama favoritku yang bikin aku engga pernah bosen buat nonton berulang kali. Nilai plus dari drama ini adalah nasehat yang ada di dalamnya untuk mencintai diri apa adanya dan menjalani hidup tanpa kepura-puraan. Selain itu, drama ini mengajarkan kita untuk menghargai orang lain apa adanya. Karena setiP orang memiliki hal baik dalam dirinya.

Drama ini diambil dari animasi komik webtoon yang berjudul, "I am Gangnam Beauty" karya KMK -gatau deh singkatan dari apa-.

Dalam drama dan webtoon aslinya, ada beberapa perbedaan di plot dan latar belakang karakter. Di Dramanya lebih kompleks dan greget. Alurnya ada yang ditambahkan dan atau direvisi. Namun jangan khawatir karena memiliki benang merah yang sama.

Drama besutan JTBC ini menjadi drama yang sangat berkesan dihatiku. Karena problematika dalam ceritanya hampir sama dengan kehidupanku. Serinh dibully gara-gara tampilan fisik. Body shaming yang sama-sama aku alami ini bener-bener bikin aku engga pede. Kalau Murae karena wajahnya, kalo aku karena postur tubuh.

Perawakan jangkung, kurus, dada rata, dengan tinggi 173an berat badan di bawah 50. Kebayangkan ya betapa cekingnya aku saat itu. Sering diejek bambu, tangga, tiang listrik, engga dipanggil nama malah dipanggil si jangkung, diketawain di depan umum, jadi bulan-bulanan, jadi bahan candaan, dan segala kemelasan lainnya. Body shaming yang aku alami tersebut bikin aku engga pede kalau lewat di keramaian. Khawatir diketawain, digosipin, dan diejek-ejek.

Dan sekarang aku berubah.. alhamdulillah...

Balik lagi ke My ID is Gangnam Beauty. Pemeran dari karakter Kang Mirae adalah Lim So Hyang. Sedangkan yang memerankan Do Kyung Seok adalah Cha Eun Wo. Mereka berdua memerankan aktingnya dengan baik dan bikin alu punya gambaran nyata tentang sosok Kyung Seok yang tampan dan dingin.

Aku bukan tipe yang suka artis. Entah artis K Pop maupun drama. Tapi khusus untuk sekarang, aku suka karkter Do Kyung seok dan menyukai Cha Eun Wo sebagai Do Kyung Seok saja tidak lebih. Jiak dia sedang bernyanyi atau memerankan karakter lain belum tentu suka.

Sekian deh review drakor favorit. Semoga bermanfaat tulisan pribadi tentang drama satu ini.

Sekian

1 comment: