Wednesday 17 July 2013

Penting Engga Sih ISBN??


ISBN biasanya ada di belakang buku yang bentuknya mirip sisir, garis-garis berwarna hitam. ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number. Fungsinya sebagai tanda pengenal buku. ibarat manusia, mungkin ISBN tuh seperti KTP nya. Kalau ditanya penting engga sih ISBN? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. pasalnya, ISBN sebenarnya berfungsi untuk mempermudah transaksi jual beli lewat kode yang tersimpan di simbol ISBN.
Sejarah ISBN pada awalnya berkembang di Britania pada tahun 1966. Pada awalnya pun namanya bukan ISBN tapi SBN. Yang kemudian dijadikan standar internasional untuk kode khusus buku. karena pada majalah atau media publikasi lainnya dikenal dengan ISSN.
Cara mendapatkan ISBN sangat mudah. Anda bisa datang langsung ke lembaga yang memang mengatur ISBN. Jangan salah loh, ISBN itu tidak diatur sembarangan. Ada lembaga yang mengaturnya. Lembaga internasional yang mengatur ISBN berpusat di Berlin, Jerman. Dan memiliki perwakilan di setiap negara. jika Anda berminat untuk menerbitkan buku secara Indie dan percetakan Anda tidak mengurusi ISBN-nya, Anda bisa datang langsung ke kantornya di Perpustakaan Nasional Jln Salemba, Jakarta.    
Hanya dengan membayar biaya administrasi sebesar 25.000 rupiah, anda sudah bisa mendapatkan ISBN. Prosesnya juga mudah dan cepat. Jangan lupa untuk membawa surat permohonan yang berisi sinopsis buku yang akan diterbitkan. Bahkan, ada cara mudah lainnya untuk mendapatkan ISBN. Anda hanya tinggal mengunjungi situsnya di sini (http:/isbn.pnri.go.id/)
Contoh pola ISBN :
978-979-penerbit-kodebuku-no identifikasi
978-602-penerbit-kodebuku-no identifikasi
Dan jika prefiks 978 sudah penuh maka akan menggunakan ; 979-979 atau 979-602 (dengan pola yang sama -penerbit-kodebuku-no identifikasi)

No comments:

Post a Comment