Wednesday 17 July 2013

Step by step Bikin Novel


Yuk intip step by step bikin novel  ala penulis beken! Beginilah langkah-langkah yang dilakukan penulis saat Nulis.
1.       Tentukan apa yang ingin diceritakan. Simpelnya, jika Anda tak menemukan topik apapun untuk ditulis, maka tulis saja apa yang ada dalam pikiran Anda. Anda sudah pasti punya pikiran kan? Maka tulislah kesulitan, kegelisahan, ketakutan, hal yang menyanangkan, atau apapun yang ada dalam pikiran Anda. Ingat, tentang satu topik saja yang nantinya memiliki benang merah.
2.       Buat kerangka karangan! Setelah menentukan topik, sekarang Anda harus memikirkan hal-hal apa saja yang mungkin berkaitan dengan topik yang Anda pikirkan. Misalkan Anda ingin menulis tentang pekerjaan. Misalnya Anda beri judul  “The Hard Worker”. Nah pikirkan apa saja yang berhubungan dengan pekerjaan itu. misalnya kisah si tokoh utama saat bekerja, kejadian apa yang dialaminya, kegiatannya selama ngontrak. Dan ingat setiap kisah harus memiliki benang merah. Misalnya tentang pekerjaan, si tokoh utama kehilangan pekerjaan karena PHK lalu menganggur. Selama menganggur apa yang dia kerjakan. Bisa jadi cerita dibumbui dengan kisah cinta atau kerja keras. Lalu, tentukan ending. Apakah mau sad ending atau happy ending.
3.       Setelah tercipta suatu kerangka karangan dari awal sampai akhir maka mulailah menulis. Bagi teman yang kesulitan menulis novel karena tidak memiliki komputer jangan banyak alesan dan males yaa! Kan masih ada buku dan pulpen. Tulis lah dulu di buku lalu  cicil ke warnet  untuk diketik.
4.       Setelah penulisan rampung, bacalah keseluruhan naskah. dikhawatirkan ada yang belum tertulis, kata-kata yang kurang sesuai yang perlu diganti, atau salah ketik. Jangan over editing. Harus percaya diri.
5.       Kemudian mulai cari penerbit yang buku-bukunya sesuai dengan naskah kamu. cobalah untuk coba kirim ke penerbit mayor terlebih dahulu untuk memudahkan karir Anda selanjutnya. Kalau sudah bisa terbit di penerbit mayor kemungkinan akan mudah terbit di penerbit minor.
6.       Kirim naskah setelah selesai ditulis. Bisa kirim via email atau pos. Jika ditolak jangan langsung pesimis. Karena ditolak bukan berarti tulisannya jelek. Mungkin Anda mengirim naskah ke penerbit yang kurang menyukai jenis naskah seperti yang Anda miliki. Jadi, perbaiki lagi. kemudian kirim ke penerbit lain.
Jangan lupa juga untuk serinng memmbaca. Karena dengan membaca menambah wawasan kita. Selain itu, banyak membaca bisa menambah kosa kata yang kita miliki. So, terus semangat menulis ya!! sekian tentang step by step bikin novel. Selamat mencoba!J

No comments:

Post a Comment