Saturday 25 October 2014

BLOG : Tempat Belajar dan Cari Uang



Siapa bilang punya blog itu engga penting? Walaupun sudah ada Facebook dan jejaring sosial lainnya, tetap saja peran website itu penting. Website itu ibarat rumah kita sendiri yang bebas kita dekorasi, bebas kita cat, bebas kita masukkan barang-barang penting. Dan kata siapa membuat website itu susah dan mahal? Kita bisa pakai blog atau wordpress, kok. Udah udah, gratis pula!

Apa sih fungsi dari blog atau wodrpress itu?

Pada awalnya, saya juga tidak terlalu mengurusi blog. Saya membuat blog sudah dari jaman SMA. Namun, itu dia, saya tidak terlalu mengurusi rumah saya itu. Blog saya anggap sebagai hal yang tidak terlalu penting pada saat itu. Sampai pada akhirnya ketika saya lulus SMA saya berkunjung ke tokok buku gramedia dan menemukan banyak sekali buku yang mengulas tentang cara berbisnis online.

Saya mulai tertarik berbisnis online, namun gagal. Alasannya, karena saya jarang menulis di blog sehingga blog saya tidak banyak dikunjungi orang. Pada saat itu saya mendaftar di Amazon.com dan mulai memasarkan produk. Dan satu produk pun tidak ada yang terjual.

Berbeda dengan sekarang, saya banyak mengisi blog saya dengan artikel-artikel dan berbagai pengetahuan yang saya miliki mengenai dunia kepenulisan. Saya juga memasukkan beberapa cerpen yang tidak lolos seleksi lomba dan ada juga beberapa puisi yang saya masukkan di sini. Kenapa saya melakukan semua itu? Apakah karena masih berminat bisnis online? Tentu saja bukan.

Semenjak saya mulai bisa menerbitkan buku, saya mulai sadar bahwa hakikat menulis itu bukanlah terletak pada uang semata. Kita menulis haruslah karena niat ingin berbagi pengetahuan dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Karena ketika kita ikhlas melakukan sesuatu, Tuhan pun tidak akan tinggal diam. Satu hal yang saya yakini akhirnya adalah, Tuhan kasih hidup pasti kasih rezeki. Andai teman-teman tahu, dulu hidup saya itu seperti sempit sekali. Mungkin karena faktor kebutuhan juga saya bersikap matrealistis. Dan sikap tersebut malah menyusahkan diri saya sendiri.

Selain menulis karena ingin berbagi pengetahuan, saya juga menulis karena ingin belajar. Saya menjadikan blog sebagai sarana saya belajar menulis. Tidak saya pungkiri, tulisan saya belum cukup sempurna. Masih kalah jauh dibanding dengan penulis lainnya. Apalagi yang jam terbangnya sudah tinggal landas meninggalkan saya.

Saya menulis di blog supaya orang-orang bisa membaca tulisan saya. Selain meningkatkan PEDE, saya juga bisa meningkatkan kualitas menulis saya. Dan HOPLA!! Inilah tulisan saya sekarang, mulai berkembang sedikit demi sedikit. Saya juga semakin banyak belajar mengenai EYD ketika saya menulis. Dan siapa sangka, ternyata akhirnya saya bisa membuat bisnis online saya sendiri. Saya berdagang produk saya sendiri. Mulai dari buku dan aksesoris. Dan Alhamdulillah walau masih kecil-kecilan tapi cukup menguntungkan karena dikerjakan sambil santai.

Nah, bagi teman-teman yang juga memiliki problematika yang sama, yang karya nya masih belum diterbitkan, jangan berhenti belajar. Ayo menulis di blog sambil mengembangkan kualitas tulisan. Bagi tteman-teman yang suka membaca, yuk tulis juga mengenai review buku yang sudah kamu baca. Atau yang punya masalah, bisa juga kok curhat di blog. Pokoknya galakan diri untuk terus menulis. bahkan bisa jadi, tulisanmu di blog bisa diterbitkan seperti Radithya Dika dan @poconggg keren, kan? jadi, tulis lah cerita yang menarik di blogmu!

jangan salah, blogmu bisa membuat kamu kaya!

Semangattt!!!

No comments:

Post a Comment