Friday 31 October 2014

Mari Belajar Menulis Gratis : Gaya penulisan dalam Novel

Hai, pada hari ini, Sabtu, 1 November 2014 saya akan berbagi ilmu mengenai gaya kepenulisan.  mari simak materi belajar menulis gratis ini, semoga bermanfaat!

Teman-teman yang luar biasa, dalam menulis sebuah naskah fiksi, teman-teman harus memperhatikan gaya penulisan. Gaya penulisan biasanya disesuaikan dengan genre dan sasaran pembacanya. Jika, teman-teman menulis naskah dengan genre horor maka buatlah gaya tulisan yang bisa membuat orang benar-benar merasa tercekam dalam tulisan Anda. Buatlah pembaca benar-benar bisa membayangkan bagaimana mencekamnya suasana yang Anda gambarkan. Dan begitu juga jika teman-teman menulis naskah dengan genre lainnya. Intinya sesuaikan dengan genre yang teman-teman angkat.

Selain itu, tentukan juga naskah yang teman-teman buat itu untuk sasaran pembaca tingkat mana. Apakah remaja (teen), apakah dewasa (metropop, chicklit, dll), atau anak-anak. Sesuaikan juga gaya penulisan teman-teman berdasarkan sasaran pembaca. Misalnya, teman-teman menulis sebuah naskah fiksi dengan genre religi  dengan sasaran pembaca remaja. seuaikan gaya penulisan Anda dengan gaya tulisan yang sederhana yang sesuai untuk usia remaja. Jadi, alur cerita dan masalah yang diangkat pun tidak perlu terlalu rumit.

dalam belajar menulis gratis ini, memang tidak diberikan contoh-contoh gaya kepenulisan. teman-teman harus mencarinya sendiri yaitu dengan cara banyak membaca novel dengan berbagai genre dan sasaran pembaca. sehingga teman-teman bisa  lebih memahami gaya penulisan dalam berbagai genre . Contoh referensi gaya tulisan untuk remaja yang pernah saya baca adalah buku karya Asma Nadia yang berjudul, Ada Rindu di mata Peri. lalu untuk tulisan yang sastra banget, teman-teman bisa membaca buku-buku karya Tere Liye.

Atau teman-teman bisa membaca buku-buku lainnya yang sesuai dengan gaya kepenulisan yang Teman-teman minati.

Saya juga sebenarnya masih harus banyak belajar. Makanya, Yuk belajar sama-sama!

demikian artikel mengenai belajar menulis, gaya penulisan dalam novel. semoga menambah wawasan teman-teman. amiin


Butuh referensi dalam menulis atau ingin beli novel dengan harga murah?  klik di sini

No comments:

Post a Comment