Thursday 1 August 2013

6 manfaat menulis



Seringkali orang beranggapan bahwa menulis adalah hal yang membosankan dan memusingkan. Terutama untuk merangkai kata-kata. Lebih simple bicara dari pada harus menulis, kan? Tapi ternyata, menulis  adalah suatu kegiatan yang bermanfaat. Berikut 6 manfaat menulis yang telah saya rangkum.
1.       Menulis untuk meningkatkan kreatifitas otak. Bahkan, suatu penelitian menyebutkan bahwa menulis menggunakan alat tulis lebih bermanfaat ketimbang dengan menulis lewat komputer. Keterampilan enulis atau menggunakan tulisan tangan ternyata sangat berpengaruh pada kecerdasan otak dan mampu meningkatkan kreatifitas. Selain itu, tulisan tangan juga bisa menunjukkan ciri pribadi seseorang.
2.       Menulis untuk terapi psikologi. Nah, bagi Anda yang merasa tertekan, stres, bingung, gundah, dan galau. Anda bisa meluapkan seluruh perasaan Anda lewat tulisan. Apalagi jika Anda merasa bahwa tidak ada seorang pun yang bisa Anda percaya.
3.       Menulis untuk menghasilkan uang. Yap! Menulis bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Caranya dengan menulis sebuah cerita atau tips lalu kirim ke penerbit atau media massa seperti majalah dan koran.
4.       Menulis untuk menciptakan prestasi. Banyak loh orang-orang yang berhasil mendapatkan penghargaan lewat karya-karyanya. Bahkan, para penulis top itu memiliki penggemar sendiri alias pembaca setia yang akan dengan senang hati memburu karya-karyanya. Karya-karyanya pun tidak habis dimakan usia. Justru dikenang. Dan jangan salah, penulis juga bisa mengubah dunia dengan bukunya tergantung apa yang ditulisnya. Tentu tulisannya haruslah bermanfaat.
5.       Menulis untuk  menjadi lebih percaya diri. Jangan salah, seorang yang sudah menulis dan berani menunjukkan atau mempublikasikan karyanya adalah salah satu contoh manfaat dari menulis bahwa menulis bisa meningkatkan kepercayaan diri atau membangun percaya diri seseorang.
6.       Menulis meningkatkan pengetahuan. saat menulis sesuatu, kita tidak boleh asal tulis. Harus  berdasarkan kenyataan yang ada. Dan itulah mengapa, apa yang kita tulis haruslah hal yang benar-benar kita kuasai. Jadi pastinya, sebelum menulis suatu fakta atau ilmu, Anda harus mencari referensi yang sesuai untuk memperkuat tulisan Anda.
6 manfaat menulis ini hanya sebagian kecil manfaat dari menulis. Banyak sekali manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menulis. Jadi, jangan pernah malas untuk menulis ya!  

No comments:

Post a Comment