Saturday 15 November 2014

Mari Belajar Menulis Gratis #2 : Contoh Gaya Penulisan



Belajar menulis tidak perlu ribet, engga perlu keluar uang banyak. bisa belajar menulis gratis di website ini. update setiap hari sabtu dan minggu. Dan berikut ini beberapa gaya penulisan yang saya kutip dari koleksi novel yang saya miliki :

Antologi Rasa-Ika Natassa
Suprisingly, though,  ini sudah hari ketiga di Bali, bertemu Ruly 15-16 jam sehari, tapi efek laki-laki ini di kepalaku justru slowly diminishing. Mungkin karena ada Panji yang dari jauh pun tetap membuat aku tertawa pada flirting engga pentingnya.  Telepon, BBM, sexting even. That Panji Wardhana has one filthy mouth, but in the polite  but naughtiest way possible, if that make sense. Mungkin karena Ruly, seperti laki-laki baik manapun umumnya, sebenarnya agak-agak membosankan. Aku tidak pernah tahu apa yang ada dalam kepalanya itu kecuali masalah kantor dan skor pertandingan olahraga. Rully, si hemat bicara ini mungkin akan selalu menjadi misteri yang ingin kupecahkan, tapi Panji is the guy who feeds my ego pretty well right now.

Anak Kos Dodol-Dewi ‘dedew’ Rieka
Aku mindik-mindik pulang lewat pintu gerbang belakang. Oh..oh, malu banget kalau ketahuan jalan sama komang. Habis deh, aku diledekin sama seantero sekolah.
Kali lain, tiba-tiba dia menggandengku ke kantin. Begonya, aku menurut saja dituntun kayak anak hilang. Habis deh, kami disuitin di kantin. Begooo... bego.
Puncaknya, dia mau nembak aku dekat bak sampah terminal. Aku engga bisa berkelit lagi. This is it. It’s  my last day *lebay.
Kirain aku doang yang pucat pasi. Komang lebih kritis! Dia gemetaran menggenggam tanganku. Buru-buru kutarik, lalu ngupil. Begitu dia lengah, aku langsung ambil langkah seribu. Kabuuurrrr!!!

Cinta Suci Zahrana – Habiburrahman El Shirazy
Seharusnya mobil Alpard itu menuju pedurungan lalu belok kanan ke daerah Klipang Asri, tetapi Zahrana mengarahkan untuk tetap menyusuri tol ke arah selatan. Sampai di Tembalang barulah Zahrana memerintahkan keluar tol lalu memasuki kawasan kampus UNDIP. Zahrana meminta sopir masuk ke jalan Pujangga. Bbegitu sampai di depan toko buku At Thoyyibah, Zahrana minta berhenti. Seorang perempuan berjilbab keluar melihat. Begitu  Zahrana  keluar dari mobil Alpard, perempuan berjilbab itu menghambur.

Ketiga penggalan cerita novel di atas memiliki genre yang berbeda satu sama lain. Bisa dilihat dari cara penyampaian cerita. Nah, bagi teman-teman yang sudah mulai menulis, jangan lupa untuk banyak membaca pula.  Gaya tulisan dan perbendaharaan kata bisa terpengaruh dari buku yang sudah kita baca. Maka bacalah buku-buku yang berkualitas. Dan jangan lupa juga, milikilah seorang penulis idola yang menginspirasimu dalam menulis. Kalau saya pribadi sih, saya suka gaya tulisan Ikka Natassa, Asma Nadia, Tere Liye, Kang Ari, Kang Adri, Teh Devy, sama teh Ana.... Walau tulisan saya sekarang belum se-WAW mereka, tapi saya akan terus belajar. Ingat yaa.. bukan meniru gaya tulisan mereka! But,  make your own words. Menulis dengan gaya tulisan kita sendiri, menarik dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca seperti penulis keren yang saya tulis di atas.
jangan pernah berhenti untuk belajar menulis yaa... melalui website ini teman-teman bisa belajar menulis secara gratis.
So, let’s begin to try our best!

No comments:

Post a Comment