Sunday 20 October 2019

Pagi yang Sibuk

Betapa luar biasanya pagi seorang ibu. setidaknya itu yang aku rasakan belakangan ini. terlebih anak sudah mulai tumbuh besar, sudah banyak maunya, sudah ga bisa diem, pengennya bereksplorasi ke sana ke mari (tapi engga mencari alamat ya! hehe).

setiap pagi aku bangun jam 5 kadang kalo ada jadwal nyuci aku bangun lebih pagi lagi. tapi anakku yang ganteng ini suka ikutan bangun kalo aku bangun.

kalau sudah jadwal nyuci. biasanya sambil nyuci sambil mandi. terus abis mandi shalat kelarin air lagi buat bersihin baju. eeeh lagi tanggung anak bangun.

akhirnya shalat sambil was was karena anak kalo udah bangun engga bisa diem. suami jagain tapi sambil matanya sayup sayup merem. haduh. abis shalat lebih keder lagi. ganti baju lah daku sambil buru-buru. sambil wanti-wanti anak, "diem ya nak, diem!" biar dia ngga loncat dari kasur.

karena suami masih belum bangun juga. aku gendong anakku baim. mulailah aku dengan rutinitas lain. mandiin anak.

aku ambil gendongan. kemudian ambil panci dan air. mau apa? masak aer.. biar mateng. buat mandiin si ganteng biar gak kedinginan kalo mandi pagi.
masih sambil gendong anak. air di mesin cuci udah penuh, saatnya masukin pewangi pakaian dan puter puter.

karena air belum mateng, yuk mari mamak baim nyuapin dulu anaknya. aku taruh anakku di baby walkernya. dia berjalan ke sana kemari, aku ikutin sambil bawa kue sarapannya doi. uwalah capek e poll rek.

karena keputusan bodoh naruh dia di baby Walker. akhirnya aku angkat aku pindahin ke kursi goyangnya dia (apa ya namanya. lupa).

habis dua buah kue. aku lanjut nyiapin buat mandi dulu. si ganteng aku tinggalin dlu bentar.

sambil geradak geruduk, masukin air panas dan air dingin ke ember, nyiapin handuk, nyiapin segala perlengkapan wewangian dan lotion di tempat ganti baju. kemudian aku angkat baim buat lepasin bajunya. dan kamu tahu lah, perkara buka baju sama gantiin baju anak itu bukan perkara mudah, kawan.

selesai mandi sudah bersih sudah wangi sudah makan. giliran aku mengurus diri sendiri. ah, cucian. aku lupa. itu juga belum aku urus.

anak aku berikan ke suami. sehabis mandi baim dia sudah mandi juga. aku lanjut beresin cucian dulu. sudah dikeringkan aku taruh di wadah besar.

lanjut lagi mak. lanjuuttt. sekarang giliran sarapan. nyiapin teh manis dan belanja. untungnya engga usah pergi jauh buat belanja. mereka datang sendiri lewat depan rumah. beli gorengan, kue, telor. aku suguhin ke suami. si ganteng aku ambil balik.

hoi cucian hooii.. udah kering mau digimanain? ah, masa bodo. aku harus siap2 buat diriku sendiri. nyetrika belum, sarapan belum? mau mana dulu?

aku pilih sarapan.

anak aku taruh di baby walker lagi. aku biarkan dia ke sana kemari.

nyetrika. skip. aku ambil baju yang engga usah disetrika.

jemur pakaian. skip. aku serahkan tanggung jawab itu pada suamiku tercinta.

oh, kamar masih balatak. maafkan hamba mas suami. ini juga aku skip.

aku harus siap-siap berangkat kerja.

"Yah, maaf ya ngerepotin."

"Iya, gapapa."

dan kata-kata ini menjadi pelega saat set 7.10 pagi setiap berangkat kerja.

Terima kasih mas suami.

Ligung, 21 Oktober 2019

No comments:

Post a Comment