Monday 14 October 2019

Melawan Stress

pernah engga sih bangun malam-malam terus engga bisa tidur lagi karena pikiran kacau, perasaan cemas, dan ketakutan padahal-hal yang tidak terjadi?

kalah mamak pernah. dulu paling sering merasa seperti itu ketika belum menikah. sering banget stress mikirin masa depan. tiba-tiba kebangun ketakutan akan masa depan, ketakutan akan ditinggalkan, ketakutan akan kematian, dan segala ketakutan lainnya.

setelah menikah pun beberapa kali pernah. sampai akhirnya memutuskan untuk langsung shalat malam dan berdoa. kemudian perasaan menjadi tenang.

tapi setiap waktu kadang dikejar rasa cemas. cemas akan hal2 yang sebenarnya tidak terjadi. kan aneh ya?
sampai akhirnya aku menemukan sebuah postingan yang menarik.

disitu ditulis bahwa untuk menghindari stress kita harus meminimalisir penyebab stress.

stressku bermula dari sering baca berita-berita menyedihkan dan memperihatinkan yang mau lewat di beranda facebook. midalnyabtentang perang, kejahatan, kriminal, pemerkosaan, kelaparan, pembantaian, dan sebagainya. karena itu mamak memutuskan untuk mengurangi intensitas facebookan. dari mengurangi akhirnya menutup akun dengan yakin. karena bukan hanya melalui berita dari media sajam status teman facebook pun kadang bikin hati ikutan panas.

kemudian aku juga berhenti menonton film atau acara yang menyedihkan. apalagi yang tentang drama pernikahan. eneg ngeliatnya. gak mau. lebih baik nonton Drakor sekalian atau nonton talkshow dan acara komedi.

dan yang lebih penting dalam menghindari stress adalah selalu berpikir positif. jalanilah hari ini dengan baik. karena hidup itu hari ini. iya, kan?

No comments:

Post a Comment