Thursday 23 May 2019

Sejarah Nama Anakku, L Rafis Ibrahim

Pas hamil, aku belum nentuin nama anak. Setelah tahu hasil usg pun kalo dia laki2 juga, aku belum ngerancang nama anak. Masih takutnya berubah. Bikin option nama cewe atau cowo pun kagak. Kata suami, nanti aja kalo udah lahir.

Setelah lahir pun, masih belum ngasih nama. Tiap manggil, ya dede... dede... sama kayak pas manggil dia waktu dia masih dalam kandungan.

Tapi aku sih pengen banget ngasih nama dia yang diambil dari nama kami. ZADAVI, ZAVIQ, atau ZAFIK, gitu.. sama ada kata Samudera Samudera nya. Tapi kata suami, ga boleh ada kata Samudera, berat, katanya. Yawislah aku ngalah wae yo. Yang penting ada kata Zadavi atau Zaviq yang diambil dari nama Zazilah (aku) Daviqi (suami).

Sehari sebelum hari kasih nama (di daerah kami, Ligung, namanya ngayun) kami nemu nama nih, Haikal (dari babe haikal hasan) Zafiq (Zazilah Fiqi) Ibrahim movic (nabi Ibrahim/ nama pemain sepak bola juga). Eh, besoknya pas acara hari H, nanya ke ustad tuh ga boleh. Karena arti dari haikal itu bisa pohon besar, bisa tengkorak. Aduh serem juga ya. Yang terakhir nama Zafiq itu artinya serigala. Ya kebayang anak gue dikasih nama srigala. Yakali jamannya Gajah Mada atau Sangkuriang dikasih nama serigala (zaman dulu ngasih nama anak laki2 itu dari nama2 binatang dan perempuan dari nama2 bunga. Kalo ga salah tapi, ya).

Akhirnya, karena ibu bidannya udah grasa grusi pengen mulai acara, mana suami lagi engga ada di rumah masih ngantor, sedang orang2 yang lagi junggu saweran udah ngumpul, ya gue akhirnya ngambil keputusan. Nama yang diambil Ibrahim, jadi pas pengumuman nama bu bidannya bilang gini, "Si dede ini namanya Ibrahim, panggilannya apa bu Iif," tanya dia. "Baim,"Jawab gue.
"Jadi, ibu ibu namanya Baim ya.. Ibrahim. Nanti nama panjangannya nyusul."
Wkwkwk gue ngakak so hard dalam hati.

Akhirnya siang itu, suami datang. Dia keliatan kecewa nama Haikal engga bisa dicantumin. Secara dia fens berat Babe Haikal. Teris demi bikin dia senyum lagi, gue bilang, "Yah, ayo kasih nama lagi, aku mah setuju aja."

Temen juga ada yanh ngasih saran nama ini itu di grup. Kebetulan ada nama unik, Rafisqy. Kayaknya ni nama jarang nih, batin gue. Tapi karena gue udah janji ke diri gue sendiri kalo gue bakal menyerahkan pemberian nama ke suami, aku pasrah yowis lah. Sing penting bagus lan ana artine. Konon jare gurue kita.

Jadi kata sang guru, ecieeehh, ustad maksudnya. Kalau kasih nama itu yang bagus, yang ada artinya, yang di dalamnya terdapat doa orang tua untuk anaknya. Jangan cuma berdasarkan kasih nama gabungan nama dari orang tuanya. Kan kisah hidup dan perjalanan anak itu beda sama orang tuanya. Jadi engga perlu lah nyantumin nama ortu, berat, kamu engga akan kuat. Wkwkwkwk lah ga dicantumin nama kite juga udah jelas die anak kite ya kan. Wkwkwk

Akhirnya, ketemu nih namanya Rafis, diambil dari kata Rafisqy bisa, dari Raafi juga bisa. Artinya bagus banget, coy. Kalau Rafis itu sendiri artinya teman. Harapannya dia punya banyak teman, dan bisa jadi teman yang baik buat teman2nya. Kalau darinkata Rafisqi sendiri artinya sempurna dan indah. Sedangkan kata raafi sendiri dari asmaul husna yang artinya tinggi derajatnya. Harapannya sih agar Allah selalu meninggikan derajatnya. Aamiin.

Udah ketemu nih, kata Rafis. Karena aku pengennya 3 kata, suami harus mikir keras lagi nih buat 1 katanya. Akhirnya keluarlah kata Luffy.

Loh, Luffy, yang di One Piece itu ya? Jangan2 penggemar anime ini ya? Kalo penggemar, oya itu bener, kalo seratus persen terinspirasi dari itu, engga juga sih. Karena kita juga punya artinya.

Aku browsing nih arti nama Luffy, ternyata dibil dari kata Luv, love yang artinya cinta. Jadi harapannya dia itu penuh dwngan kasih sayang dan cinta. Luffy, Luvly harapannya dia juga menjadi seseorang yang disayangi banyak orang. Luffy di anime one piece juga merupakan kapten yang baik dan pejuang keras. Dia adalah sosok yang ceria dan bertanggung jawab. Semoga baik2nya mah nempel lah. Yang jelek2nya mah jangan. Hehe

Sedangkan kata Ibrahim diambil dari nama nabi. Nabi Ibrahim merupakan sosok yang berani, tegas, dan cerdas. Jadi, harapannya semoga memiliki sifat yang dimiliki nabi Ibrahim.

Dulu banget waktu masih gadis belia, keukeuh pengen nama anaknya tuh ada unsur kerajaan dan biologi. Kalo anak lelaki mau dikasih nama Muhammad arteri Samudera Pasai. Muhammad kan Nabi Muhammad SAW ya. Sedangkan Arteri adalah nama pembuluh darah kecil. Dan samudera pasai adalah nama kerajaan islam besar pertama di Indonesia.

Kalo perempuan, dulu pengen dikasih nama Vena Cava Hepatica. Wkwkwk biologi banget ya. Tadinya mau di mix nama kerajaan juga. Tapi apa coba, masa Tidore? Ternate Tidore, tau lah ya.

Pesen dari mami, kasih nama anak yang memiliki arti dan doa. Jangan asal niru, ya.

Sekian,

Majalengka, 23 Mei 2019

No comments:

Post a Comment