Sunday 26 May 2019

Menabunglah Para Emak, Berapapun itu

Buk ibu, mamak mamak di seluruh jagat maya indonesia, kita semua pasti seringnya, mengalami yang namanya pengeluaran unbudget yang bener2 engga keplanning sebelumnya. Dan it makes our monthly planning failed.

Karena budget2 yang unplanning sebelumnya ngerusak planning pengeluaran bulanan kita, otomatis mengambil dari budget yang kita anggap 'ini gapapalah dipake dulu' yang biasanya buat pengeluaran lain.

Genks, nabung itu penting. Catet ya! Penting banget. terutama bagi kita para mamak mamak yang masih jadi kontraktor, alias ngontrak. Usahakan, untuk menabung itu harus tetap ada. Walaupun jumlah sedikit. Tapi tetep harus kita sisihkan.

Fungsinya adalah agar kita punya kontrol atas pembelanjaan uang kita agar sampai gajian.

Ada beberapa cara yang temenku saranin agar pengeluaran unbudget bisa diminimalisir yaitu dengan cara:

1. Bikin list pengeluaran bulanan.

Ibu2 harus pandai estimasi dan kalkulasi nih untuk urusan beginian. Jangan lupa bayar hutang (jika ada) dan nabung didahulukan, sebelum akhirnya di poskan untuk ini dan itu.

Misalnya, utamakan bayar hutang, bulan ini berapa. Terus nabung mampunya berapa. Ingat ya, jangan maksain nabung limaratusrebu kalo entar malah ga bisa makan. Jangan begitu. Amannya berapa. Jangan liat nominalnya, liat karena continue. Kalo lama2 kan gede juga. Misalnya kalo cuma bisa seratusribu yowis gapapa...

2. Jangan mudah kegiur untuk beli ini itu.

Jenk, walaupun lagi ada diskon 70% . jangan sampai kita tergoda. Biarin aja, kita juga gak terlalu butuh barangnya, kan?

3. Beli barang berdasarkan kebutuhan bukan gaya.

Kalo kita cuma butuh tas buat pergi ke pasar, misal tas harga lima puluh rebu juga bisa, janganlah tiba2 beli tas yang harganya limaratusrebu gara2 gaya doang. Idup kan bukan cuma tentang gaya. Ga kan kenyang juga kalo cuma makan gaya.

4. Tambah pemasukan.

Cari pemasukan lain, semisal kalo kamu bisa nulis, ya menulislah. Bikin artikel SEO, ikutan lomba, atau bisa juga nulis novel. Rutin tapi ya genks, jangan kayak mamak, mamak lagi seneng nulis semauanya. Maafkan.

Bisa juga jualan. Banyak tuh yang jualan onlen sekarang. Mamak pernah nih jenk, jualan baju daster sama baju anak. Ngiklan mah cuma bentar, tapi banyak yang beli dan habis2 terus.

Cerita dikit ya, jadi awalnya mamak tuh ga pede buat jualan. Takut ga laku. Ga ada basic juga buat jualan baju, dulu pernah sih jualan buku onlen by web tapi teuteup ada yang beli. Jadi, hikmahnya, mamak mamak yang mau usaha jangan takut gak laku. Eukeu juga yang ngiklannya jarang, tapi dagangan tetep laku kok. Dan cepet abis. Apalagi kalo mau serius. Bisa2 kayak mendadak nih, mamak.

Ini kok bahasan jadi ke mana2, yak? Yah, intinya jangan lupa nabung mak. Berapapun nilainya, yang penting nabung. Pernah denger kan pemulung yang akhirnya bisa mewujudkan impiannya untuk umroh dari hasil menabung per hari 5000 rupiah? Ya, siapapun bisa meuwjudkan impiannya asalkan dia fokus dan serius. Jadi mak, nabunglah yak.. pinter2 ngatur uang biar makin disayang suami...

Ligung, 27 Mei 2019

No comments:

Post a Comment