Friday 16 October 2020

Toxic People, toxic parent?

Orang toxic itu orang yang membuat kita merasa engga nyaman ketika bersama dia.

Dan apakah kita bukan orang toxic? Bisa jadi tanpa disadari kita menjadi toxic bagi orang lain. Bagaimana cara mendeteksinya?

Kalau menurut mamak sih, ketika kita tidak suka sama orang dan kita memberikan umpan balik terhadap orang yang kita tidak sukai itu dengan buruk, ya kita auto jadi orang toxic bagi mereka.

Atau misalnya kita tidak melakukan apapun, kalau orang udah engga suka sama kita, kadang keberadaan kita membuat orang lain tidak nyaman.

Jadi, apa yang harus kita lakukan? Engga ada selain biasa aja. Dan jika bisa Tetap berbuat baik.

Bagaiaman jika orang yang memberikan energi negatif dan membuat nyaman itu adalah orang tua?

Kita harus tahu dulu, apa yang membuat kita merasa tidak nyaman dengan orang tua. Telusuri masalahnya apa. Telusuri siapa yang salah. Dan pikirkan jalan terbaik untuk menghindari hal hal yang membuat kita tidak nyaman jika bersama orang tua. Apa pemicunya, dan apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya.

Jika dibutuhkan, kita bisa sharing kepada orang tua kita. Berbicara secara terbuka. Temukan waktu yang tepat untuk bicara. Lalu diskusikan apa yang anda inginkan.

Bagaimana jika tak ada titik temu?

Ini nih yang paling sulit. Engga ada kata lain selain sabar. Orang tua kita memiliki jasa yang besar terhadap kita. Dan kita tidak akan mungkin bisa membalasnya sampai kapanpun. Jadi, bersabarlah dan doakan.

Doakanlah orang tuamu agar menjadi orang yang lebih baik terhadapmu. Doakan dia siang dan malam. Kalau perlu tahajud. Karena hanya Allah yang mampu membolak balikan hati dan perasaan manusia.

No comments:

Post a Comment