Tuesday 6 October 2020

Orang Indonesia semua munafik? Apa benar?

Jadi ada seorang karyawan di perusahaan bilang bahwa 99 persen orang indonesia itu munafik. Terus saya jawab sambil becanda, wah jangan gitu dong bu. Itu berarti saya nanti masuk ke kategori itu (dimasukkin ke kategori). Terus dia jawab lagi, iya karena walaupun tidak begitu jadi pasti merasa. Dan aku tidak meminta klarifikasi apa-apa lagi. Karena masih loading dan engga peduli pada awalnya.

Tapi lama-lama saya mikiri, Wah dalam hati. Saya jadi mikir. Bagi saya yang suka iya iya aja, ngeiyain omongan orang (maksudnya biar cepat dan menghargai si pembicara) malah jadi mikir gitu. Kenapa aku ngeiyain omongan orang sih? Kan engga harus juga mengiyakan. Kita bisa diam atau membantah dengan becanda lagi kan? Karena memang konteksnya sedang ngobrol santai.

Aku akhirnya malah nyesel gitu, kenapa aku jawabnya seperti itu ya? Soalnya aku engga ngerasa seperti itu tuh. 

No comments:

Post a Comment