Saturday 21 February 2015

Tips Nyari Ide Buat Novel



Hay! Masih semangat pagi ini? Maaf ya, minggu-minggu kemarin saya sering absen ngisi blog. So, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips mengenai cara cari ide buat novel.
Ide bisa kita dapatkan dari mana saja. Salah satu contohnya adalah dari kehidupan kita sehari-hari. Yang paling saya sering lakukan ketika saya mencari sebuah ide adalah mengingat hal-hal yang pernah terjadi pada diri sendiri dan juga orang lain.

Cara untuk mendapatkan sebuah ide adalah dengan :

 1.       Mendengarkan cerita orang lain. Dari kisah orang lain tersebut, kita bisa mendapatkan ilham buat bikin sebuah cerita yang Te O Pe Be Geb Te.

2.       Berkhayal. Mungkin ada beberapa hal yang kita impikan dalam hidup namun belum kesampaian. So, hal yang belum tercapai tersebut bisa jadi sebuah ide baru. (sebenarnya ide macam begini sih sama kayak ekspektasi pribadi. contohnya biasanya tentang kisah cinta si miskin dan si kaya. Karena pada kenyataannya kisah si kaya yang cinta mati sama si miskin itu hampir tidak pernah terjadi. Macam film Boys Before Flower begitu lah).

3.       Pengalaman pribadi. Banyak hal yang pernah terjadi bisa menjadi inspirasi buat ide naskah novel kita. Dan bisa dibumbui dengan ekspektasi macam penjelasan di atas. Jadi, misalnya suatu hari kamu kehilangan uang terus  engga ketemu lagi. Nah, dalam ide naskahmu bisa jadi macam begini : kamu hilang uang, terus ketika kamu mencari uang itu tiba-tiba kamu dikagetkan dengan sosok ganteng yang lagi pegang uang kamu. Kamu dalam cerita itu mendongak, menatap kaget campur kagum. Lalu si cowok ganteng itu tersenyum sambil berkata, “Mencari ini.” Dan kisahpun dimulai (kisah kuno, sih). Jangan ngarep contoh yang lebih ya, ini Cuma contoh... --,)/

4.       Terinspirasi dari cerita lain. Mungkin kamu pernah baca novel lain dan kamu kecewa dengan isi ceritanya. Kamu bisa bikin cerita versi kamu sendiri (bukan sejenis plagiasi, ya!). Makanya, sering-sering baca biar dapat inspirasi lebih banyak!

         Yak! Sekian tips cari inspirasi dari Saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat! Salam ^^

No comments:

Post a Comment