Tuesday 30 December 2014

Perayaan Tahun Baru : Tidak Penting!


Memasuki malam tahun baru,hampir semua orang mealkukan ritual perayaan tahun baru. Padahal, saya rasa perayaan tahun baru itu dirasa tidak penting. Tahun baru harusnya disambut dengan hal-hal yang lebih berguna dibanding dengan nonton konser, lihat dangdut yang pakaian artisnya kurang bahan. Apa menariknya lihat orang mempertontonkan aurat sambil bernyanyi dan berjoged? Dan apa bagusnya juga jika tahun baru disambut dengan kemeriahan yang justru meninggalkan banyak sampah untuk dibersihkan esok paginya.

Saya sangat tidak setuju jika banyak orang merayakan tahun baru dengan hura-hura. Alasannya karena yang namanya perayaan seharusnya dilakukan ketika kita sudah mendapatkan kebahagiaan atau keberhasilan mencapai sesuatu.

Sekarang coba kita lihat dalam kenyataan. Coba kita berkaca pada diri kita, prestasi apa yang telah kita capai di tahun 2014 ini. Prestasi apa yang bisa kita raih sampai menjelang detik-detik pergantian tahun ini? Kalau memang tidak ada, untuk apa kita ikut-ikutan orang lain merayakan tahun baru?

Lebih baik awal pergantian tahun diisi dengan merenung, membuat perencanaan dan resolusi untuk menghadapi tahun yang baru agar hidup kita di tahun tersebut bisa lebih bermakna dari tahun-tahun yang pernah kita jalani sebelumnya. Buatlah target-target prestasi yang ingin dicapai. Buat lah target-target resolusi perubahan menjadi pribadi yang lebih baik.

Apa yang ingin kita capai, apa yang ingin kita beli, apa yang ingin kita lakukan, kita tulis besar-besar  dalam sebuah kertas dan ditempel di dinding agar bisa kita lihat setiap hari, agar kita selalu ingat apa tujuan dan rencana kita satu tahun ke depan.

Jadi, bagi yang sekarang sudah bersiap-siap merayakan tahun baru, bagi yang sudah membeli terompet besar untuk ditiup, bagi yang sudah beli kembang api banyak-banyak untuk diledakkan dan membuat binatang malam ketakutan, berhentilah. Stop! Jangan rayakan tahun baru jika memang kamu tidak punya sesuatu yang benar-benar harus dirayakan.  

No comments:

Post a Comment