Friday 26 December 2014

Mari Belajar Menulis Gratis #6 : Rencanakan Target Penulisanmu!



Berhubung sekarang mendekati akhir tahun 2014, ada baiknya jika kamu mulai membuat resolusi untuk tahun 2015. Resolusi adalah harapan yang harus dicapai. Membuat resolusi harus dipertimbangkan dari segi kemampuan dan harapan dari tahun sebelumnya. Misalnya, di tahun sebelumnya kamu belum bisa menyelesaikan target tulisanmu, aka cantumkan kembali pada resolusi tahun 2015.

Jangan hanya mencantumkan impian, namun pertimbangkan juga kemampuan. Ibaratnya, Sebelum kita  berencana membeli mobil. Rencanakan dulu uang untuk mebeli mobil tersebut bersumber dari mana. Jadi rancanglah terlebih dahulu keuangan kamu atau pekerjaan kamu.



Untuk menjadi seorang penulis pun sama. Sebelum kita bercita-cita menjadi penulis, rencanakan dulu tulisan yang akan kita tulis. Sesuaikan ddengan kemampuan menulis kita tiap hari atau bulannya.  Targetkan deadline pada setiap tulisan kita. Misalkan di tahun 2015 kita menargetkan satu buku satu bulan. Atau karena kita adalah pemula dan baru bisa menulis 3 lembar per hari, kamu bisa menargetkan satu buku dua bulan.

Jangan lupa catat resolusi yang ingin kamu capai dan tempel di dinding. Dengan membuat resolusi tahun 2015, insyaallah bisa membuat kita lebih giat dalam menulis dan meningkatkan produktivitas kita dalam menulis.


Resolusi bukan hanya berupa target kepenulisan. Bisa jadi resolusi perubahan kepribadian. Misalnya di tahun depan kamu harus bisa lebih penyabar, lebih disiplin waktu, dan lebih rajin beribadah.

Saya pribadi memiliki resolusi yang cukup tinggi. Saya mencoba untuk membuat target yang tinggi-tinggi agar saya berusaha keras mencapainya. Kalau misalnya nanti tidak tercapai, setidaknya saya bisa mencapai setengahnya, kan? Apalagi ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak boleh takut untuk bermimpi.

Bukan hanya perubahan kepribadian, saya juga menuliskan harapan mengani barang-barang yang ingin saya beli di tahun 2015. Jangan lupa cantumkan tanggal dan bulan sebagai deadlinenya, sehingga kamu berusaha mencapai impianmu dengan berlari. 

contoh :
Target karya 2015
1. Bukan Kaki Lima Biasa------ deadline 19 Januari 2015
2. Novel Hana----------- daedline 25 Februari 2015
3. dst
 
 Perubanan diri :
1. lebih disiplin
2. lebih rajin
3. Bisa bangun pagi jam 5.00
4 dst

Barang yang ingin dibeli tahun 2015
1. laptop baru
2. modem
3. bikin SIM
4. dst

 
Semoga impian kita bisa tercapai ya, teman! ^^  Amiin

 

No comments:

Post a Comment