Thursday 21 August 2014

Menulislah untuk Menghilangkan Stress!

    suatu hal yang sangat biasa jika ketika kita tidak bisa mencurahkan perasaan kepada siapapun, menganggap orang lain tidak mampu mengerti perasaan kita dan atau merasa bahwa orang lain itu tak mau mendengarkan kita, masih ada alternatif lain untuk menghilangkan sejenak masalah yang sedang kita pikirkan. yaitu dengan menulisnya di kertas.
      menulis sudah terbukti bisa menghilangkan stres. buktinya, seorang Bj Habibie yang hampir gila karena ditinggal istrinya kemudian disarankan oleh dokternya untuk menulis semua apa yang ada dalam pikirannya sehingga dia tidak lagi stres dan sedih.
    banyak alasan kenapa seseorang harus menulis. pertama, orang harus menulis untuk mengasah kemampuan berpikirnya. dua, tulisan membuat seseorang lebih bisa menemukan apa yang dia cari selama ini dalam hidupnya. contohnya saja ketika kita merasa dunia ini begitu menyakitkan, begitu rumit dan begitu mengesalkan. kita bisa menulisnya dalam sebuah buku, mempertanyakan masalah kita kepada diri kita sendiri dan mencoba menjawabnya. ke tiga, banyak orang yang bisa menemukan pekerjaan di bidang menulis. entah itu menulis artikel, menulis novel maupun cerpen, dan sebagainya.
    menulis memang bukanlah satu-satunya cara untuk meluapkan segala kemarahan, kekesalan, dan kepenatan hidup. menulis juga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan stres. bisa saja, kita meluapkan stres dengan cara berdibadah, berdoa kepada Tuhan dan meluapkan segala apa yang ada di hati kita pada-Nya.
jadi, cobalah untuk menulis. setidaknya untuk menghilangkan stress. dengan terbiasa menulis, insyaallah mungkin bisa membuat kita mahir menulis, insyaallah bisa menjadi penulis *setidaknya penulis blog macam saya ini* haha...
tapi, media belajar itu kan apa saja, ya? saya memilih blog sebagai media tempat saya menulis dan mencurahkan isi hati *termasuk facebook dan BBM juga sih*. dengan terbiasa menulis, saya jadi bisa menulis fiksi dan nonfiksi.
jadi, intinya, untuk teman-teman yang ingin menjadi penulis, mulai sekarang rajin-rajinlah menulis. minimalnya menulis diari macam saya ini di blog pribadi. selain untuk menghilangkan stress, sekaligus untuk melatih diri agar menjadi penulis yang sebenarnya. *buikannya sekarang ini banyak penulis yang awalnya tukang nulis di media sosial ya?
mungkin segini aja, tentang menulis untuk menghilangkan stress. saya juga mau nyurhat lagi. bye! ^_^

No comments:

Post a Comment