Thursday 25 June 2020

Share ilmu purchasing buat Elo yang kerja sebagai Purchasing

Di sebuah perusahaan pasti ada yang namanya purchasing, entah perusahaan kecil atau besar walau perannya biasanya berganda - ganda kalau diperusahaan kecil. Purchasing adalah orang yang bertugas untuk membeli barang-barang kebutuhan perusahaan. Baik itu barang produksi maupun office.

Tugas purchasing selain membeli barang adalah melakukan negoisasi dengan supplier. Negosiasi itu dilakukan untuk mendapatkan penawaran harga terbaik, service yang baik, dan kualitas yang baik. Tak jarang, purchaser harus melakukan perbandingan harga dengan beberapa supplier penyedia barang yang sama.

Sebagai orang yang juga bekerja sebagai purchasing, mamak mau memberikan informasi untuk para purchasing baru nih. Berikut ini adalah tips buat purchaser :

1. Mengetahui Spek barang yang dibutuhkan, merk, dan size atau qty

2. Menanyakan ke beberapa vendor untuk item tersebut dan melakukan perbandingan.

3. Pertimbangkan terms of payment

4. Pertimbangkan cara pengiriman barang. By expedisi atau langsung.

5. Jangan lupa tanyakan minimum qty order. Barangkali kamu keburu PO dan ternyata ada minimum qty ordernya. Jadi barangmu engga dikirim

6. Pastikan harga barang sudah dengan free ongkirnya agar tidak ribet

7. Lakukan evaluasi pada setiap vendor setiap setahun sekali mengenai kualitas, kecepatan kirim, penawaran harga, dan pelayanan atau servis.

8. Lakukan negosiasi ulang karena biasanya para vendor atau supplier memberikan harga 2.5 kali lebih besar dari harga asli untuk barang-barang dengan sistem pembayaran TOP (terms)

Dalam realitanya. Ada beberapa vendor yang memaksa ingin diberi orderan. Misalnya dengan memberikan iming-iming uang. Ingat jangan kemaruk. Karenan nanti akan menyulitkan dirimu sendiri saat bekerja. Jangan menerima pemberian dari vendor-vendor yang memang bermasalah. Dan usahakan untuk tetap berlaku adil dan bijaksana pada semua vendor. Jangan berat sebelah. Pilihlah vendor yang junur dan mensupport pekerjaanmu sebagai purchasing. Misalnya, vendor-vendor yamg bisa kirim langsung dan fast respon serta mensupport pengiriman kapan saja saat ada kebutuhan barang yang urgent.

Jika memungkinkan dan kamu sudah siap secara finansial, lebih baik resign dan membuat bisnismu sendiri. B-)B-)B-)

Demikianlah tips untuk purchasing dalam bekerja. Semoga bermanfaat ya. :D

No comments:

Post a Comment