Wednesday 10 October 2018

Mewujudkan Mimpi Tanpa Riba

Dari judul hal tersebut seolah sepele memang. Padahal kenyataannya berat bagi sebagian besar orang. Karena riba seolah sudah mendarah daging di kehidupan. Ingin segera punya tv, kredit. Ingin segera punya motor, kredit. Ingin kelihatan kaya dengan punya mobil tapi modal minim, kredit. Ingin punya rumah, solusi KPR, lalu kredit. Seolah kredit atau riba bisa menyelesaikan masalah keuangan kita. Padahal justru sebaliknya.

Banyak orang yang tidak sabar dalam menabung. Mengesampingkan ego untuk terlihat wah dan memiliki segala dengan bermodalkan uang rentenir (bank dan segala lembaga riba)hanyalah rasa memiliki yang semua, hanya kekayaan yang semu. Karena aslinya kita sedang membodohi diri sendiri.

Kita yang seharusnya bisa memiliki motor seharga 15jt, malah memilih beli motor harga 20 jt lebih dengan merek dan tipe yang sama. Rugi, kan ya?

Dengan iming-iming jaminan rendah dan pembayaran dicicil, kita tergiur begitu saja. Menganggap hal tersebut merupakan cara instan untuk memiliki. Namun itu justru malah membuat hidup tak nyaman.

Ah kata siapa? Masa iya?

Mungkin itu yang ada dibatin pembaca sekalian. Saya bicara tidak asal bicara karena saya pun pernah, bahkan sekarang masih sedang memiliki tunggakan. Dan sedang saya lunasi lebih cepat. Agar segera terbebas dari kungkungan ini.

Dulu saya berpikir, beli motor biar kerja makin semangat karena punya tunggakan.  Namun setelah dijalani, justru malah makin engga semangat. Setiap bulan, uang kita dicabut. Selain itu juga mungkin keberkahan berkurang.

Jadi, yuk kawan kita berusaha sama2 untuk menghilangkan riba dari kehidupan kita. Mulai menabung saja jika mengingknkan sesuatu. Sabar dan ikhtiar terus. Insyaallah pasti bisa terpenuhi. Allah Maha Kaya, jadi mari kita minta pada yang Maha Kaya saja. Jangan pesimistik walau tanpa riba kita tetep bisa wujudin impian kita kok. Allah Maha pemberi rejeki, Maha Luas segala galanya. Yakini saja.

Jangan terhasut dengan orang yang bilang, kalau engga KPR mau kapan punya rumah? Kalau engga kredit mau kapan punya mobil?

Kita engga pernah tahu, rezeki yang turun dari langit untuk kita. Jangan pernah mendustakan nikmat dari Allah. Apalagi mengatakan tidak mungkin.

Kun fayakun. Jadi, maka jadilah.

Jadi, yuk berikhtiar dan jauhi riba. Jaga kesehatan karena itu nikmat yang utama untuk mencari rejeki.

Salam,
Ligung, 11 Oktober 2018



No comments:

Post a Comment