Thursday 16 January 2014

Inspirasi nulis

inspirasi nulis bisa datang dari mana saja. bisa datang dari keluarga, saudara, orang tua, teman, bahkan dari orang-orang yang tidak kita kenal yang tidak sengaja kita temui di jalan. inspirasi emang aneh. kadang inspirasi bisa datang di saat yang engga memungkinkan. misalnya saja yang paling sering saya alami yaitu saat di perjalanan. tapi yang paling nyebelin tuh kalo dapet inspirasi pas lagi shalat. bahkan saya pernah dapat inspirasi pas lagi boker dan itu sumpeh ngenes banget. soalnya mana bisa langsung saya tulis.
inspirasi-inspirasi menulis yang datang biasanya saya ingat-ingat terus, pas nemu buku langsung saya catet. terus saya tulis di daftar naskah yang mau dirilis. tapi, sayangnya biasanya ide-ide itu tidak langsung saya kerjakan. seringnya sih malah ngendap dan engga pernah saya buka-buka lagi. pas saya buka, kadang malah saya lupa, malah mkikir naskah yang ingin saya ketik naskah tentang apa... hiks, ngenes yaa...

satu hal lagi yang paling ngenes mengenai inspirasi. terkadang saat nulis, kita nyari-nyari inspirasi. dan inspirasi itu engga datang-datang juga dan malah bikin frustasi.

akhirnya, saya punya terobosan mengenai inspirasi dan penuangan menulis sehingga bisa langsung terealisasi. yaitu dengan cara :
1. tulis ide/inspirasi
2. kembangkan inspirasi
3. atur waktu deadline/ sesuaikan dengan deadline nulis yang sedang dikerjakan
4. kalau non fiksi lebih baik dikirim proposal naskahnya dulu lalu langsung dikirim ajuan naskah tersebut ke penerbit dan tunggu jawabannya.
5. jangan menunggu naskah diterima terus nulis ide atau inspirasi selanjutnya. ^_^

nah, kalo ngatasi macet dapet inspirasi itu hal lain lagi. saat menulis, kita pernah kekurangan inspirasi atau NEEDED banget inspirasi. untuk menggali inspirasi dan menghilangkan rasa bete karena kelamaan engga dapet inspirasi lebih baik kita nulis aja sekeinginnya kita. hitung-hitung pemanasan. atau tulis saja apa yang ada di dalam kepala LO! kalau kata mas Lonyenk Rap sih, tulis dulu pake otak kanan. terus edit pake otak kiri. yah begitulah...

buat menuhin otak kamu dengan inspirasi nulis, mending kamu bawa monkey book kemana mana deh. biar dimana dapet ide bisa langsung ditulis (kecuali pas lagi shalat atau boker)

No comments:

Post a Comment