Saturday 24 January 2015

#Mari Belajar Menulis Gratis #7 Cara Menjadi Ghost Writer




Pernah dengar tentang Ghost Writer? Itu loooh, penulis hantu.  

Ah, Masa, sih? Jadi, hantu bisa nulis gitu?

Yaa... bukan gitu juga kali! Ghost writer atau penulis hantu adalah penulis yang menulis buku untuk orang lain. Dia tidak memiliki hak cipta atas buku yang telah dibuatnya.

Wah! kalau begitu pelanggaran, Duoooongggg!!! Bisa dijerat hukum!

Ya enggak lah!  Penulis hantu memang memiliki pekerjaan untuk menuliskan ide orang lain. Namun, bukan berarti plagiasi dan sebagainya. Karena Jasa penulisan Ghost writer ini memang membantu orang-orang (klien) yang ingin memiliki sebuah buku namun dia tidak bisa atau bahkan tidak sempat menuliskan idenya tersebut. Dan itulah tugas dari seorang ghost writer.

Untuk menjadi seorang ghost sriter sebenarnya tidak  harus sudah memiliki sebuah buku. Untuk membuat klien percaya bahwa kita bisa menulis adalah dengan memperlihatkan atau menunjukkan hasil karya kita yang sudah jadi atau sudah selesai. Untuk mencari klien sendiri bisa dimulai dari orang-orang terdekat, teman fesbuk, twitter dan sebagainya. 


Bagaimana cara untuk menjadi Ghost writer? Dan berapa bayarannya?

Saya rasa pertanyaan inilah yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman semuanya. baiklah, akan saya coba jawab berdasarkan pengetahuan saya ya.. (yaiyalah pengetahuan sendiri masa di luar pengetahuan. Aneh ni yang nulis! hihiihi.. oh, yang nulisnya saya sendiri ya? hehe #apasih?)

Cara untuk menjadi ghost writer sebenarnya gampang, asal kita punya kemampuan menulis dan berani menawarkan jasa penulisan buku. Untuk permulaan, jangan berharap bayaran yang tinggi. Karena bayaran yang dibayarkan untuk jasa ghost writer tergantung pengalaman dan kualitas tulisan kita. Bayaran yang diberikan untuk pemula biasanya sekitar Rp 5.000.000 saja. memang, sayang sekali kalau menulis buku bayarannya cuma 5.000.000 mana engga punya hak cipta atas buku yang kita buat pula.

Dan kenapa sih kita tidak memiliki hak cipta atas buku yang kita tulis sendiri? Alasannya karena buku yang kita buat tersebut merupakan ide dari klien kita sendiri. Bukan asli ide kita. Kita hanya membantu menuliskan ide klien dan membantu klien dalam researchnya.

Tertarik untuk menjadi ghost writer? Segeralah menulis dulu ya, fren! :)

Butuh Jasa Ghost Writer? Mau punya buku sendiri? Atau mau jadi penulis? Untuk informasi lebih lanjut silahkan kirim email Anda ke : enkifzazi@gmail.com

1 comment:

  1. Saya ingin menjadi penulis hebat, sekarang sudah menulis 3 buah novel fiksi dan sudah dikirim ke penerbit mayor, tapi saya masih terus belajar menulis agar menjadi penulis hebat. Saya ingin tahu lebih jauh tentang ghost writer.

    ReplyDelete